√ Pengertian Azbabun Nuzul + Penjelasan Lengkap Azbabun Nuzul adalah

By | Oktober 19, 2019

Pengertian Azbabun Nuzul – Assalamu’alaikum Wr Wb sahabatku semua. Tahukah kamu sebenarnya apa sih arti azbabun nuzul itu? Nah, pada kesempatan kali ini Sinauislam.com akan membagikan tulisan tentang ulasan pembahasan dan penjelasan pengertian azbabun nuzul dalam istilah surat atau ayat Al-Qur’an. Di kategori tanya jawab islam ini kamu bisa membaca banyak sekali bacaan seputar islam.

Pengertian Azbabun Nuzul

Pengertian Azbabun Nuzul + Penjelasan Lengkap Azbabun Nuzul adalah

Apa itu azbabun nuzul? Jika kita lihat pengertiannya dari segi bahasa, Asbabun nuzul berasal dari dua kata yaitu asbabun dan juga nuzul. Asbabun artinya sebab, sedangkan nuzul artinya turun. Jadi bisa kita ambil kesimpulan bahwa asbabun nuzul adalah sebab-sebab turunnya ayat dalam surah-surah Al-Qur’an.

Dalam pengertian lain jika kita menilik arti menurut istilah, Asbabun nuzul merupakan hal yang menyebabkan diturunkannya Al-Quran untuk menerangkan suatu hukum yang terjadi waktu itu (pada masa Rasulullah SAW), bisa karena suatu peristiwa atau juga pertanyaan.

Setelah mengerti pengertian dari Azbabun Nuzul di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa sebab turunnya suatu ayat itu berkisar pada dua hal yakni sebagai berikut ini:

  • Pertama ayat Al-Qur’an akan diturunkan bila ada suatu peristiwa tertentu, contohnya kisah turunnya surat Al-Lahab yang berkisah tentang Abu Lahab dan istrinya.
  • Yang kedua yaitu saat Nabi Muhammad SAW ditanya seseorang tentang sesuatu hal tetapi beliau belum tau jawabannya, maka Allah SWY akan menurunkan ayat al-Qur’an untuk menerangkan hukumnya. Ini pernah terjadi salah satunya yang menjadi sebab turunnya surat Al-Mujadalah ayat 3 dimana saat itu khaulah binti sa’labah dikenakan zihar oleh suaminya Aus bin tsamit. Dan khaulah bertanya kepada Rasulullah SAW mengenai hukumnya, kemudian ayat ini turun untuk menjelaskan hukumnya.

Akan tetapi tak semua ayat Al-Qur’an diturunkan dengan sebab ada suatu peristiwa maupun pertanyaan. Beberapa ayat al-Qur’an juga turun sebagai permulaan tanpa sebab. Misalnya yang membahas mengenai kewajiban muslim akan akidah dan syari’at Allah SWT.

Manfaat/Fungsi Mengetahui Asbabun Nuzul

Berikut ini adalah beberapa manfaat jika kita mengetahui Azbabun Nuzul setiap ayat atau surat di dalam Al-Qur’an.

  1. Memudahkan bagi kita untuk memahami makna dari ayat di dalam Al-Quran dan menghilangkan keraguan akan kebenarannya.
  2. Kita bisa mengetahui hikmah rahasia yang ada dalam hukum syari’at yang terdapat dalam Al-Qur’an.
  3. Dengan memahami Azbabun nuzul ini juga tidak hanya bermanfaat bagi orang mukmin saja tapi juga untuk orang yang bukan mukmin. Untuk orang mukmin maka akan semakin kuat kadar keimanan dalam dirinya sedang untuk non muslim bisa menjadi pemikiran akan kebenaran Al-Qur’an. Bahkan hendak tertarik untuk masuk islam menjadi mualaf.
  4. Dengan  mengerti Azbabun nuzul kita bisa menentukan hukum dengan sebab.

Macam-Macam Asbabun Nuzul

Mengulang pembahasan makna Asbabun Nuzul sebelumnya, ada 2 macam Asbabun Nuzul yaitu:

Azbabun Nuzul Dalam Bentuk Peristiwa

Dalam bentuk peristiwa, Asbabun Nuzul dibagi menjadi 3 (tiga) jenis seperti berikut.

Peristiwa berupa pertengkaran, misalnya saat terjadi percekcokan antara segolongan dari suku Aus dan segolongan dari suku Khasraj yang kemudian peristiwa itu menjadi sebab turunnya ayat Al-Qur’an surah Ali-imran ayat 100.

Peristiwa berupa kesalahan yang serius, contohnya ialah saat peristiwa seseorang yang sedang mabuk malah mengimami sehingga salah membaca surah Al-kafirun kemudian menjadi Azbabun Nuzul turunnya ayat Al-Qur’an surah An-Nisa’.

Peristiwa berupa cita-cita dan keinginan, misalnya persesuaian-persesuaian Umar Bin Khattab dengan ketentuan ayat Al-Qur’an kemudian turun ayat Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 125.

Azbabun Nuzul Dalam Bentuk Pertanyaan

Asbabun Nuzul juga dibagi menjadi 3 dalam bentuk pertanyaan, yakni sebagai berikut:

Pertanyaan yang berhubungan dengan sesuatu yang sudah terjadi, seperti misalnya pertanyaan tentang Zulkarnain yang kemudian Allah SWT menurunkan ayat Al-Qur’an pada surah Al-Kahfi ayat 83:

Pertanyaan yang berhubungan dengan sesuatu yang sedang terjadi kala itu, misalnya mengenai turunnya ayat al-Qur’an surah Al-Isra’ ayat 85 ketika ada pertanyaan tentang ruh.

Pertanyaan yang berhubungan dengan masa yang akan datang, contohnya tentang turunnya ayat Al-Qur’an surah An-Nazi’aat ayat 42 mengenai pertanyaan tentang hari kiamat.

Pencarian Populer Terkait Pengertian, Macam, dan Manfaat Azbabun Nuzul

  • Pengertian asbabun nuzul menurut ulama pdf
  • Pengertian asbabun nuzul brainly
  • Pengertian asbabun nuzul secara bahasa dan istilah
  • Contoh asbabun nuzul
  • Pertanyaan tentang asbabun nuzul
  • Macam macam asbabun nuzul
  • Contoh asbabun nuzul ayat dan sebab
  • Riwayat asbabun nuzul

Demikian pengertian, macam-macam / jenis dan juga manfaat bagi kita untuk mengetahui Azbabun Nuzul ayat Al-Qur’an. Semoga dapat memberikan manfaat untuk sobat semua. Sekian yang dapat kami sampai, kurang lebihnya mohon maaf dan Wassalamu ‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *