√ Arti Biidznillah dan Penjelasannya Lengkap beserta Contoh

By | Oktober 15, 2019

Arti Biidznillah – Assalamu’alaikum Wr Wb teman-teman. Apa sih arti dari biidznillah itu? Ada yang bilang biidznillah itu sama artinya dengan Insya Allah. Apakah benar antara biidznillah dan Insya Allah ini ada persamaan atau malah beda ya? Nah di tulisan tanya jawab seputar islami kali ini Sinauislam.com akan membagikan artikel mengenai pembahasan dan penjelasan tentang biidznillah artinya apa. Mungkin di kehidupan sehari-hari kita sudah terbiasa mendengar atau bahkan mengucapkan kata biidznillah ini. Dan tidak jarang pula kata biidznillah ini disambungkan mengiringi kata-kata lainnya yang terdapat dalam suatu percakapan.

Arti Biidznillah dan Penjelasannya Lengkap

Langsung kita ambil cuplikan contoh penggunaan dari kata biidznillah seperti berikut. Biidznillah, semoga apa yang dicita-citakan selama ini bisa terwujud. Dalam hal ini biidznillah seakan menjadi kata-kata doa, disini mungkin kita sudah mendapat sedikit gambaran mengenai pengertian atau hal-hal mengenai biidznillah ini.

Gambaran kecil tersebut mungkin memang belum cukup untuk bisa menjelaskan tentang  makna sebenarnya dari biidznillah itu sendiri. Kami berharap dengan adanya tulisan blog kami ini bisa sedikit  menjelaskan dan memberikan pemahaman tentang arti / makna dari biidznillah dan contoh penggunaannya dalam percakapan sehari-hari. Berikut adalah ulasan penjelasan arti biidznillah.

Arti, Makna, Pengertian, Definisi Biidznillah

Dalam ucapan bahasa Arab, kata biidznillah mempunyai arti Atas izin Allah. Ucapan atau kata biidznillah ini merupakan bentuk doa atau permohonan kepada Allah SWT agar bisa mendapatkan bantuan setelah apa yang sudah diusahakan semaksimal mungkin. Kata biidznillah ini berarti kita melakukan sesuatu atas izin Allah SWT sehingga dalam hal ini kita menganggap dan mempercayai bahwa selalu ada Allah yang mengiringi usaha yang kita lakukan.

Perbedaan Biidznillah dengan Isya Allah

Jika kita perhatikan sekilas maka biidznillah seperti serupa artinya dengan Insyaallah yaity sama-sama jika Allah mengizinkan. Akan tetapi jika kita lihat dari ilmu gaya bahasa (balaghagh), ada perbedaan tipis namun mempunyai makna yang sangat besar. Dalam hal ini, Biidznillah bersifat khusus serta menunjukkan pengharapan besar sedangkan Insyaallah sifatnya lebih umum (hal-hal apapun atau tanpa pengharapan misal kehadiran seseorang ke dalam suatu acara).

Kalau di atas tadi sudah kami berikan contoh pengguaan biidznillah mengenai pengharapan agar cita-cita sang anak bisa tercapai. Kali ini kita berikan juga contoh penggunaan kata Insya Allah agar memberikan pemahaman dan bisa terlihat semakin jelas perbedaan antara Biidznillah dan juga Insyaallah. Berikut ini adalah contoh penggunaan Insyaallah.

Contoh akan diadakan acara seminar toleransi beragama di desa Sukamaju. Seseorang berkata tetangga dusun “Besok malam jangan lupa hadir ke seminar keagamaan di desa kami ya bro”. Maka kita yang diundang bisa menjawabnya “Ok bro, Insyaallah”. Namun kalau semisal contoh tersebut dilanjutkan seperti “Jangan lupa besok buat materi yang menarik buat peserta ya bro”, maka bisa dijawab dengan kata yang lebih cocok yakni “Okay bro, biidznillah” (memberikan isyarat pengharapan agar materi menarik).

Contoh Penggunaan Biidznillah dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berikut beberapa contoh penggunaan ucapan kata biidznillah dalam kehidupan sehari-hari yang sering kita dengar dan ucapkan:

  1. Alhamdulilah dengan biidznillah banyak pihak dari berbagai lapisan masyarakat bisa merasakan manfaat dengan adanya tanggul ini sebagai jalan penghubung.
  2. Biidznillah semua cita-cita yang kita harapkan selama ini bisa terwujud.
  3. Insyaallah biidznillah semuanya akan baik-baik saja, kamu yang tenang saja jangan risau dan khawatir.
  4. Biidznillah dengan keteguhan hati dan iman yang kuat dia tetap bisa memegang agamanya.

Artikel terkait : Arti Afwan dalam Bahasa Arab dengan Penjelasan Lengkap dan Contoh

Demikian ulasan pembahasan dan penjelasan tentang Arti Biidznillah lengkap beserta contoh penggunaanya dalam lingkungan masyarakat sekitar kita. Bagikan ke orang lain agar ilmu islamiyah ini bisa bermanfaat dan kelak menjadi amal jariyah untuk kita semua, aamiin allahumma aamiin. Sekian, kami pamit undur diri dan Wassalamu ‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *